Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress

Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress-Pada artikel kali ini saya ingin membuat tutorila sederhan mengenai plugin wordpres, pada artikel sebelumnya saya juga pernah membuat beberapa tutorial mengenai plugin dengan judul Membuat Tombol Back To Top di WordPress dan Cara membuat multipage postingan pada wordpress.

Jika Anda pernah mengunjungi website tribun pasti pernah melihat bagian sidebar mereka, ketika scroll kita digulir kebawah maka widget sidebar akan ikut bergulir kebawah/melayang.

Yang ada dalam fikiran saya ketika itu bagaimana saya membuat sidebar seperti itu di blog saya? Beberapa pencarian saya coba telusuri di google namun kebanyakan artikel yang membahas tentang tutorial ini menggunakan platfor blogger.com. Akhirnya saya mencoba mencari plugin dengan kata kunci Floating Sidebar pada wordpress dan ketemu juga tuh plugin hehe

Ok kita langsung ke topik pembahasan bagaimana Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress, untuk langkah-langkahnya cukup mudah, silahkan ikuti dibawah ini. Ingat tutorial ini hanya dapat digunakan pada wordpress.org bukan pengguna wordpress.com.

  • Langkah pertama silahkan unduh terlebih dahulu plugin disini
  • Setelah mengunduh silahkan upload plugin tersebut ke link berikut http://DomainAnda.com/wp-admin/plugin-install.php?tab=upload
  • Setelah selesai upload plugin selanjutnya Aktifkan pluginnya.
  • Sekarang waktunya mengatur sidebar agar melayang ketika kursor mouse di gulir kebawah dengan cara arahkan mouse Anda pada dasebor ke menu Settings kemudian pilih Strx Floating Sidebar
  • Akan kebuka halaman Strx Floating Sidebar
Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress
Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress
  • Pada Sidebar Selector ganti dengan ID Widget paling bawah, jika Anda tidak tahu cara mengetahui id widget ada cukup klik kanan pada widget sidebar tersebut kemudian klik Periksa elemen.
Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress
Cara membuat Floating Sidebar pada wordpress
  • Pada gambar diatas menunjukan bahwa id widget tersebut adalah “text-16”. Masukan id widget tersebut tanpa tanda petik.


Cukup mudah bukan? Tampilan plugin ini cukup sederhan bahkan untuk melakukan setting juga tidak membutuhkan waktu lama. Untuk demo Anda dapat melihat pada sidebar blog ini ketika kursor mouse digulir kebawah maka sidebar akan ikut turun. Selain menggunakan plugin Strx Floating Sidebar Anda juga dapat menggunakan plugin Q2W3 Fixed Widget (Sticky Widget), plugin tersebut juga tidak kalah bagus dan pastinya mudah pula untuk digunakannya.

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Membuat Slide Box Rekomendasi di Blogger

Membuat Slide Box Rekomendasi di Blogger-Pernahkah Anda melihat blog/web yang...

Close