Hubungi KamiJika ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Membuat Table Di Postingan WordPress dengan PluginTablePress

Membuat Table Di Postingan WordPress dengan PluginTablePress-WordPress hardir dengan editor post visual yang luar biasa, namun ada hal-hal tertentu yang tidak dapat digunakan, salah satunya adalah membuat tabel pada postingan. Tabel merupakan hal yang terpenting untuk menampilkan data agar dapat dengan mudah dimengerti.

Meskipun Anda dapat membuat tabel dengan cara manual dengan HTML dan CSS pada postingan Anda, hal itu bukan merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan tentang HTML maupun CSS. Dalam postingan kali ini saya akan membuat postingan tentang bagaimana membuat tabel pada postingan maupun halaman tanpa perlu mengetahui HTML maupun CSS.

Dalam pembuatan tabel ini saya menggunakan sebuah plugin TablePress untuk memudahkan pembuatan tabel pada postingan, halaman bahkan pada widget text. Beberapa keuntungan menggunakan plugin ini seperti, Tabel data dapat diedit dalam antarmuka yang berisi seperti speadsheet, sehingga tidak ada coding diperlukan. Tabel dapat berisi semua jenis data, bahkan formula yang akan dievaluasi. Sebuah perpustakaan JavaScript tambahan menambahkan fitur seperti penyortiran, pagination, penyaringan, dan lebih bagi pengunjung situs. Tabel dapat diimpor dan diekspor dari / ke Excel, CSV, HTML, dan file JSON.

Membuat Table Di Postingan WordPress dengan PluginTablePress
Membuat Table Di Postingan WordPress dengan PluginTablePress

Langkah pembuatan table Anda harus download dulu plugin TablePress, selanjutnya upload plugin tersebut pada WordPress Anda dan aktifkan, setelah Anda mengaktifkan plugin TablePress Arahkan kursor mouse Anda pada pada menu TablePress.

PluginTablePress
PluginTablePress

Untuk membuat tabel pilih Add New Table lalu akan terbuka halaman pembuatan table baru, silahkan isi Table Name dengan nama table yang akan Anda buat, pada deskripsi silahkan isi sesuai deskripsi table Anda namun Anda juga dapat melewati/mengosongkannya. pilih jumlah kolom/baris yang Anda inginkan. Jika suatu saat Anda ingin merubah kolom/baris Anda dapat menambah/mengapus dengan melakukan pengeditan. Jika sudah jangan lupa klik Add Table.

PluginTablePress
PluginTablePress

Sekarang Anda akan menuju halaman edit tabel, pada Table content isi sesuai isi tabel yang akan Anda buat.

PluginTablePress
PluginTablePress

Anda juga dapat menambah maupun menghapus kolom/baris table dengan melakukan pengaturan di Table Manipulation. Sedangan untuk Table Option Anda bisa menyesuaikan tampilan header dengan efek yang berbeda. Selanjutnya klik Save Changes.

PluginTablePress
PluginTablePress

Setelah membuat table sekarang saatnya kita memasang table tersebut pada postingan dengan cara arahkan kursor mouse Anda pada Posts dan pilih Add New. Setelah terbuka halaman pembuatan postingan, pada tollbar klik ikon table “Insert Table from TablePress”

PluginTablePress

Maka akan terbuka popup dan klik “Insert shortcode” pada table yang tadi Anda buat.

PluginTablePress
PluginTablePress

Sekarang tinggal publikasikan postingan Anda dan lihat hasilnya. Bagaimana cukup mudah buka membuat table dengan plugin TablePress? Jika Anda ingin membuat table yang berbeda untuk ditampilkan pada postingan lain, lakukan cara yang sama seperti pada langkah diatas.

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Free Themes Point Responsive WordPress

Point adalah tema responsif GRATIS yang serbaguna dan fleksibel. Melalui panel...

Close