Hubungi KamiJika ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Tips hemat Baterai BlackBerry

Tips hemat Baterai BlackBerry-Akan sangat menjengkelkan jika kita sedang asyik-asyiknya bermain smarphone tiba-tiba baterai blackberry lowbat. Sebenarnya banyak hal yang harus kita mengoprasikan jenis ponsel pintar blackberry ini, agar baterai blackberry bisa awet. Baca Juga: Aplikasi Penghemat Baterai Blackberry Terbaik

Banyak faktor yang menyebabkan baterai menjadi boros, mulai dari kinerja smartphone yang bigitu hebat, sistem yang cukup rumit sehingga transaksi data aktif demi memastikan pengguna tetap mendapatkan update dari internet secara real time.

Seiring berjalannya waktu pengguna smartphon blackberry memang cukup pesat dikarnakan blackberry merupakan smartphon pintar, namun bukan berarti ponsel ini tidak mempunyai kelemahan, slah satu kelemahan yang sering terjadi adalah borosnya batrerai. Tapi bukan berarti masalah ini tanpa solusi, ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan siapa tahu tips ini dapat membantu memperpanjang umur baterai smartphon blackberry Anda menjadi tahan lama.

Pilih operator yang tepat

Operator yang Anda gunakan secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi pada kinerja baterai Anda. Usahakan untuk memilih operator yang memiliki sinyal yang lebih stabil di area Anda. Operator yang memiliki sinyal buruk akan memaksa ponsel mencari sinyal yang merujung menguras baterai Blackberry Anda.

Ubah jaringan ke 2G

Jika Anda tidak terlalu membutuhkan koneksi kecepatan tinggi sebaiknya ubahlah jaringan 3G ke 2G. Anda akan tetap mendapat update seperti email masuk, notifikasi lain dalam jaringan ini. Untuk melakukan pengaturan ini Anda dapat menemukan di menu Options> Networks and Connection> Mobile Network. Ubah pilihan network mode menjadi 2G.

Matikan aplikasi yang berjalan di background

Seringkali pengguna keluar dari aplikasi yang digunakan hanya dengan menekan tombol end call. Cara ini sejatinya tidak benar-benar menghentikan aplikasi. Artinya ruang pada memori RAM masih aktif digunakan demikian pula prosesor yang bekerja lebih keras, dan kedua hal tersebut tentu membutuhkan daya yang lebih besar.

Anda bisa menggunakan fitur application switcher untuk melihat apa saja aplikasi yang masih berjalan di background dengan menekan tombol menu > Switch Application atau tahan tombol menu beberapa saat.

Masuk ke aplikasi yang akan dimatikan, tekan tombol menu pilih close atau exit. Beberapa aplikasi yang tertampil pada Application Switcher tidak bisa dimatikan misalnya Home, Browser, Phone, Messages dan BBM.

Atur kecerahan layar

Daya besar yang digunakan untuk layar adalah untuk menghidupkan backlight layar yang mempengaruhi tingkat kecerahan (brightness). Dan semakin tinggi tingkat brightness, semakin tinggi pula daya yang dikonsumsi.

Untuk itu sebaiknya atur tingkat brightness layar ke level yang rendah namun tetap nyaman untuk melihat gambar yang tertampil di layar.

Pengaturan brightness tersedia pada menu Options> Display> Screen Display. Selanjutnya Anda dapat menyesuaikan Backlight Brightness.

Gunakan theme bawaan

BlackBerry memiliki banyak sekali pilihan theme menarik yang siap di unduh dari AppWorld. Asyiknya, banyak theme yang menggunakan wallpaper animatif (dengan gambar bergerak) yang diantaranya bisa didapatkan gratis.

Namun penggunaan theme dengan wallpaper animatif sebenarnya meningkatkan pekerjaan ponsel dan tentunya membuat ponsel mengkonsumsi daya lebih besar.

Jadi sebaiknya gunakan theme bawaan atau theme lain yang lebih sederhana.

Matikan fungsi yang tidak dibutuhkan

Beberapa fungsi terkadang dibiarkan aktif meski sedang tidak dibutuhkan. Misalnya wifi, jika fungsi ini diaktifkan BlackBerry secara berkala akan melakukan pemindaian (scanning) untuk menemukan jaringan wifi yang tersedia dan hal tersebut tentunya menggunakan daya baterai.

Wifi bisa di matikan melalui pilihan manage connection yang bisa diakses dengan menyentuh area yang menunjukkan jam di homescreen. Di pilihan ini juga Bluetooth bisa dinonaktifkan saat tidak digunakan.

Suara yang terdengar ketika Anda menekan tombol pada keypad juga bisa dimatikan melalui menu Options> Typing and Language>Keyboard. Kemudian hilangkan centang pada pilihan Key Tone.

Fitur lain yang bisa dinon aktifkan adalah GPS yang pengaturannya tersedia pada menu Options> Device> Location Setting. Ubah pilihan Location Services menjadi Location Off.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BlackBerry
Kumpulan DP BBM Kata-kata mutiara

Banyak cara untuk mengekspresikan diri, salah satunya adalah dengan memasang dp...

Close