Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7-Banyak yang sudah kenal komputer dan fungsi dari komputer itu sendiri. Seiring berjalannya waktu kmputer bisa jadi sebuah alat yang wajib dimiliki bagi para pebisnis maupun pelajar.

Nah dalam kasus ini saya akan menjelaskan untuk Anda yang kesulitan untuk menambah partisi pada harddisk kompuer Anda. Sebenarnya cara yang ingin saya berikan sudah pernah saya jelaskan pada artikel terdahulunya , namun pada artikel tersebut saya jelaskan mengunakan bantuan aplikasi. Baca juga Cara Menambah Space Partisi C: Dengan MiniTool Partition

Mungkin Anda juga sempat mencoba atau ingin mencoba menambah partisi baru pada harddisk komputer Anda namun Anda urungkan niat Anda karna merasa ragu, takut dokumen yang ada pada harddisk komputer Anda hilang dan susah mengembalikan file-file ke semula.

Hal seperti itu juga pernah saya rasakan ketika pertama kali saya ingin membuat partisi baru, namum ketakutan saya hilang ketika saya mencoba membuat partisi baru pada harddisk komputer saya dan dokumen saya tetap terjaga untuh tanpa satupun yang hilang.

Baa Juga: 

Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman untuk Anda yang ingin memuat partisi baru tanpa takut kehilangan file/dokumen pada komputer Anda hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7:

Pertaa silahkan klik pada icon “Start” lalu klik kanan pada “Computer” danpilih “Manage” seperti pada gabar dibawahini:

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Udah belum? Jika udah maka akan trbuka jendel baru “Computer Management’ seperti pada gabar dibawah ini. Pada halaman Computer Management, tepatnya pada bagian kiri klik “Disk Management” dan akan terbuka tampilan list partisi komputer Anda seperti gambar ini:

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Nah paa tahap ini Anda pilih drive yang ingin Anda bagi menjadi 2, pada contoh saya memilihdrive “D” untuk dibuat partisi baru. Pada drive yang ingin Anda buat partisi baru klik kanan dan pilih “Shrink Volume”

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Akan terbuka kotak dialog Shrink. Disini Anda dapat menentukan berapa kapasitas baru dari hasil pembagian drive “D”. Dalam langkah ini saya ingin membuat kapasitas partisi baru dengan 2000MB. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa setelah selesai klik Shrink.

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Setelah proses Shrink selesai, Anda akan melihat partisi barus dengan status Unallocated atau free space seperti pada gambar dibaah ini:

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7

Drive yang baru Anda buat belumlah aktif, untuk mengaktifkannya silahkan klik kanan pada drive baru lalu pilih “New Simple Volume…”. pada tahap ini anda akan diminta ukurang yang akan Anda pakai (Pilih saja semuanya) begitu juga label dan format (NTFS) klik Next sampaiselesai.

SnapCrab_Computer Management_2015-4-22_21-50-43_No-00

Setelah semuanya selesaimaka status Unallocated atau free space akan berubah menjadiPrimary atau Healthy(Logical Drive).

SnapCrab_Computer Management_2015-4-22_21-58-24_No-00

Sekaran partisi pada komputer Andasudah bertambah, itu artinya pembuatan partisi baru sudah selesai dibuta. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan ajukan pertanyaan pada kotak komentar dan jangan lewatkan artikel menarik lainnya yang sudah saya share tentang partisi harisk Cara mengganti huruf pada partisi komputer.

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Cara Forwarded Email Pada Gmail

Cara Forwarded Email Pada Gmail-Di jaman serba modern seperti sekarang...

Close