Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer

Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer – Sebelum memulai thread ini, ada baiknya kita membaca bismillahhirrahmanirrahim agar tutorial kali ini berhasil dipraktekan para pembaca dirumah dengan hati-hati. Tentu sobat pernah merasakan harddisk eksternalnya itu tidak terdeteksi ke komputer setelah sekian lama menggunakan. Taukah anda penyebabnya?

Beberapa penyebab yang dapat membuat harddisk internal atau eksternal tidak terbaca atau tidak mampu melakukan read write dengan baik ini disebabkan oleh adanya bad sector, kerusakan fisik, atau crash file. Mungkin kalau kerusakan fisik itu bisa jadi karena harddisk pernah jatuh kebanting, slot SS kabelnya rusak karena buka cabut paksa, port usb nya sudah rusak atau berkarat, IC triggernya tidak berfungsi lagi. Tetapi jika terjadi crash file ini biasanya karena pada saat melakukan copy paste data itu belum selesuai tetapi handheld telah dicabut, pada saat install aplikasi dari harddisk itu ngehang dan install berhenti ditengah jalan, terkena virus, dll. Lalu, kesimpulan terakhir adalah karena adanya bad sector yaitu ada suatu skema recording proses yang gagal sehingga tidak tersimpan dengan baik alamat di masing-masing head daripada harddisk.

Baca Juga:

Hard disk yang mengalami atau memiliki bad sector adalah ketika salah satu cluster pada hard disk terbaca rusak. Sector tersebut tidak memberi respon ketika dibaca oleh head-nya hard disk. Bad sector tidak hanya terjadi pada hard disk tradisional dengan piringan magnetik yang bisa berbunyi tik-tit-tik-tit itu, tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD (Solid State Drive).

Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena harddisk anda dapat terbaca kembali dengan mudah. Namun perlu diingat agan semua bahwa menurut rekomendasi saya silahkan baca artikel ini dari awal sampai habis agar tidak terjadi kesalahan mengenai urutan-urutan solusinya.

Jenis-jenis dan Macam Bad Sectors :
Bad sector pada hard disk terbagi menjadi dua jenis kemungkinan. Pertama bad sector secara fisik, sehingga tidak bisa diperbaiki dan bad sector logical yang masih bisa di uthek-uthek supaya bisa kembali.

Baca Juga: Mudahnya Mengetahui Memori Yang Di Gunakan Aplikasi Komputer

Perbedaan dari setiap jenisnya yaitu seperti di bawah ini:

  1. Bad sector fisik itu terjadi karena memang secara fisik sebuah atau beberapa cluster di hard disk rusak. Bisa karena debu, aus, atau karena hard disk tersebut mengalami kerusakan di sisi lain yang bisa merusak cluster pada piringan magnetik-nya. Kerusakan sektor hard disk seperti ini tidak bisa diperbaiki.
  2. Logical bad sector terjadi ketika suatu cluster di dalam hard disk tampak seperti tidak bisa digunakan karena ketika dibaca oleh operating system, dia terbaca adanya ECC (error correcting code) yang tidak sesuai dengan isi sektor tersebut. Ini diartikan sebagai suatu kekeliruan oleh OS. Biasanya sector tersebut akan ditandai sebagai bad sector. Kalau yang ini kita masih bisa berharap menyelamatkannya dengan menulisi tempat yang ada bad sector-nya tadi dengan 0. Atau dalam bahasa beberapa tahun yang lalu disebut sebagai low-level format. Windows Disk Check tool bisa memperbaiki bad sector tipe ini.

Nah, setelah anda mengetahui semua yang berkaitan dengan harddisk yang rusak, selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips dan langkah secara terurut untuk anda kerjakan terlebih dahulu. Selemat Mencoba ya teman-teman, namun data anda bisa jadi terselamatkan dan aman jika memang kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. Namun jika kerusakan bad sectors sudah Level 5 keatas, itu tandanya harus dibuat ulang harddisknya alias diputihkan dan disucikan lagi menjadi Baru.

Tutorial 1Memperbaiki Hard Drive dengan Check Disk

Sebelumnya, untuk diketahui, sebaiknya sambungkan hard disk anda sebagai external drive ke PC yang normal, dan coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

  •  Kalau muncul kotak dialog yang mengindikasikan bahwa drive kamu itu perlu diformat, klik “No”, ini sangat krusial, kalau sampai kamu terlanjur klik “Yes”, maka selesailah sudah data anda akan hilang. Nanti akan sulit lagi, dan kalaupun berhasil, akan banyak data yang gagal atau corrupt.
  • Klik ‘Start’, pilih ‘My Computer’ atau ikon ‘Computer’. akan muncul drive dari hard disk yang baru kamu colokkan tadi. Klik kanan pada drive-mu, pilih ‘Properties’. Kalau ternyata tidak terbaca atau tidak mucul hard disk-mu, lompat ke langkah ke 5.
  • Nah, akan muncul window yang menampilkan propertinya. Klik pada tab ‘Tools’
  • Pilih ‘Check Now’ di bawah ‘Error Checking’ untuk mulai melakukan pemeriksaan error pada hard disk-mu. Centang pada window pop-up yang berisi pertanyaan apakah kamu mau Windows membetulkan error yang ditemukan. Centang juga pada kotak yang berisi ‘Scan for and attempt recovery of bad sectors’. Klik ‘Start’. Jika kemudian Windows memberitahu bahwa hard disk tidak terbaca dan perlu di format, klik ‘No’.
  • Kalau langkah-langkah tadi gagal juga, sekarang kita pakai command prompt. Klik ‘Start>>Run>>CMD’ atau ketik saja ‘CMD’ setelah klik ‘Start’.
  • Akan muncul window dari Command Prompt seperti ini:
Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer
  • Sekarang ketikkan nama dari drive kita yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Jadi misalnya hard disk yang rusak tadi ada di drive F, maka ketikkan ‘F:’ lalu tekan Enter. Karena hard disk itu rusak, maka biasanya akan muncul peringatan ‘The System Cannot Find the Drive Specified.’
  • Selanjutnya terakhir, ini adalah bagian langkah kuncinya. Ketikkan ‘chkdsk’ di command prompt, tunggu beberapa saat sampai selesai proses deteksi error hard disknya. Biasanya cepat tergantung banyaknya data simpanan yang pernah diproses pada hard disk. Jika error-nya ditemukan, Windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya. Pilih ‘y’.
  • Selesai

Tutorial 2 Memperbaiki Harddisk dengan Update Driver

Driver adalah perangkat software yang paling penting untuk menghubungkan fungsi dari mekanisme kinerja perangkat keras (hardware). Bisa jadi driver yang sudah tertanam pada hard drive anda itu sudah rusak atau tidak valid. Mari kita update terlebih dahulu.

  • Masuk ke Device Manager. Caranya klik Start, lalu pada bagian Computer anda lakukan klik kanan pilih Properties. Atau bisa juga melalui Control Panel. Umumnya device Manager dapat dengan mudah ditemukan apabila dicari.
Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer
  • Pada bagian disk drive seperti gambar diatas, terdapat 2 buah harddisk yang satu adalah yang digunakan dan yang satu lagi harddisk eksternal kita. Pada bagian merk hard disk eksternal tersebut, klik kanan dan pilih “Uninstall”.
  • Setelah anda Uninstall drivernya silahkan cabut hard drive anda lalu colokkan kembali ke komputer / laptop.
  • Lalu setelah ditancapkan tunggu hingga proses pembacaan driver default selesai, sama seperti langkah awal lalu klik Update Driver bukan Uninstall.
  • Maka driver hard drive anda sudah diupdate.

Tutorial 3 Memperbaiki Harddisk dengan Spinrite (Status Advanced)

Tutorial kali ini yaitu saya dapat dari ahlinya teknisi komputer, jadi kamu bisa mempraktekkan secara serius dan benar. Apa saja sih alat yang dibutuhkan dalam proses ini ?
CD / DVD / Flashdisk (kosong)
Download Software Spinrite
Komputer / Laptop
Unduh EasyBCD (Untuk setting bootable ke CD / Flashdisk)

1. Install aplikasi SpinRitenya terlebih dahulu ke komputer kemudian buka, lalu pilih “Create ISO or Image File” (menu ini untuk yang ingin menggunakan CD buat memperbaiki hardisknya)… kalo file isonya sudah jadi langsung diburn ke CD pake nero , daemon tools, burning lite atau apalah pokoknya sama software untuk burning CD.
Sedangkan yang ingin pakai flashdisk pilih “Install SpinRite on Drive” kemudian tahan tombol huruf di keyboard yg sesuae dgn huruf drive flashdisk agan2 dan tekan Install Bootable SpinRite… tunggu sampe proses selesai kemudian tekan close.

Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer

Setelah aplikasi dimasukkan ke CD / Flashdisk maka alat tempur sudah siap.
3. Restart komputer anda.
4. Silahkan anda masuk ke BIOS terlebih dahulu. Biasanya kalau di PC kebanyakan tekan tombol Delete / DEL buat masuk menu bios…
5. Pilih menu boot kemudian pilih menu booting devices… sesuaikan dengan alat yang agan pake… kalo agan pake CD y bootingnya disetel lwt CD-ROM (CDnya tadi hrs dimasukin ke CD-ROMnya y soalnya kalo g y sama aj bohong. Kalau pake flashdisk silahkan pilih USB drive, first boot nya.

Dan kalau memakai flashdisk, pilih menu hardisk priority di bawahnya booting device (kalo ngga salah soalnya saya belum sempat masuk bios buat ngecek itu ) terus hardisk pertama diganti ke flashdisk… kalau sudah langsung exit bios & saving. Tekan F10 pilih yes untuk save.

6. Setelah bootingnya berhasil pasti akan

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan kondisi Harddisk maupun RAM pada komputer Anda, silahkan lakukan pengecekan dengan cara kunjungi halaman Cara Cek Harddisk dan Memory / RAM

Artikel yang mungkin berguna: Cara Mengembalikan File Yang Ke Format/Hapus

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

35 thoughts on “Cara Memperbaiki Harddisk Tidak Terbaca Komputer

    1. di my computer klik kanan -> manage -> *nanti akan tampil jendela computer management kemudian di kiri* pilih storage-> manage -> di device / hardisk c:\ (atau letter manapun milik anda yang tidak ada space nya) klik kanan kemudian NEW VOLUME ikuti saja wizard nya… gudluck

  1. Mau tanya kan saya punya laptop udah rusak satu tahun lalu,dua hari kemafen saya ambil hardisknya lalu tadi saya cek pakai kabel sata . Tetap nggak bisa terbaca . Itu gimana ya masalahnya ?

  2. Nah kalau PC dikantor, hardisk internal tidak terbaca, jadi pc nya cuman 1 partisi aja ( C: ) itu pun kecil hanya 37 Gb. sementara kapasitas hardisk sebenarnya 500 gb. Saya pernah cabut hardisknya dan saya jadikan hardisk external ternyata hardisknya bagus2 saja. Kemudian saya coba pasang lagi seperti biasa tapi tetap tidak terbaca. Kemudian krn kesibukan mau utak atik sendiri akhirnya saya coba bawa ketempat servic tapi hasilnya tetap hardsiknya tdk terbaca alias partisinya tetap satau C doank dgn kapasitas 37 gb. Mungkin saran atau solusi, terima kasih…
    Note : Jika ada saran nd solusi tolong send ke arcitectur99@gmail.com.

  3. Gan saya ada hardisk internal tapi sudah ga di install lgi di pc, ini di jadikan eksternal dengan ditambahi socket buat dicolok ke usb laptop. Untuk beberapa saat masih aman2 saja. Tapi setelah beberapa lama ga kepake saya colokin ke laptop, ga ada reaksinya sama sekali, ga ada muncul partisi baru untuk hd ini. Tolong pencerahannya gan 😀

  4. Gan tolong dong,soalnya hdd1tb gw ga ke detect bahkan sampe bios ga ke detect, udah pindah komputer tetap begituan gak ke detect.. tolong dong penting banget datanya
    Terima Kasih

  5. halo, saya udah coba untuk Tutorial 2 – Memperbaiki Harddisk dengan Update Driver, tetapi tidak ada pengaruh apa apa, dan HDD saya tetap tidak ke detect (karna jatuh sebelumnya).
    ada solusi lain ga yah? karna untuk back up data, saya tanya sama service counter, back up 500GB itu harganya 1,5juta.

  6. Gan, saya pnya hardisk eksternal tp waktu saya colokan ke laptop ga ke baca diskdrivenya, gmna ya cara benerinnya?

  7. harddisk laptopku diganti oleh jasa reparasi dengan alasan rusak. Padahal masalah laptopku sebenarnaya loading lama, suka ngehang. Kemudian setelah harddisk diganti data laptop nol, mungkin data gak di-beckup. Sekarang aku lagi bingung krn di dalam harddisk ada tesis yg lagi diburu waktu, kemudian data bertahun-tahun mulai dari data pekerjaan kantor, data kegiatan sosial dll yang sangat penting. mau utak-atik gak biasa. Gimana solusi ya, apa ke reparasi lain yg bisa lebih dipercaya. Aku tiga kali naruh laptop di reparasi, khawatir sih takut
    dipreteli spare part yg penting. O ya laptopku Dell Core i3 beli sekitar tahun 2012.

  8. GAN hardisku barusan jatuh tak colokin langsung gak detect. gmna ? apa bisa diperbaiki? dan data datanya bisa kembali?

  9. Gan ane bingung laptop ane pas dinyalain muncul tampilan tulisan tulisannya kaya gini
    intel undi pxe-21 (build 083) copyright . this product is covered by one ore more of the following patenst .
    media test failure.check cable
    .exiting px rom
    Kira kira masalahnya apa ya ,apa harddisknya yang rusak

  10. hdd laptop ane ngg ke baca nih di laptop, trus ane jadiin external masih ke bca
    apakah masih bisa di perbaiki dan di pasang sbg internal lg
    dan menggunakan cra yg mana
    terimaksih

  11. gan saya kan tadi “Uninstall”. hardisknya dengan cara yg ke-2 tapi setelah dicabut terus dicolok lagi kan katanya ” tunggu hingga proses pembacaan driver default selesai,” tapi saya pas ditunggu kok failed yah? 🙁

  12. Mohon pencerahannya mas. Hdd pc di kantor tidak bisa kebaca.. sdh saya ganti kabel, saya colok an berkali2 ke hdd nya pi tetap tidk terbaca, saya bingun mas, coz data2 saya blm di back up, soaly data2 tu perlu banget. Kira2 bs tdk mas data2 saya itu kembali.. maksi mas.

  13. mohon bantuannya
    kemaren hardisk minta format saya cabut dan pasang lagi saya scandisk, ternyata minta UNMOUNT saya pilih yes, malah gak muncul, tapi kedetect di bios dan disc manager partition ada saran?? memunculkan lagi…plis

  14. bro…. kok saya sudah coba cara yang sampean tulis masih ga bisa eui… external hard disk nya masih ga bisa di buka file nya… ane kudu bagaimana ya..?

  15. Wah mantap tutorialnya. HDD sy not detected + bunyi tek2,sy cb “chkdsk” tp stlh ENTER muncul “Access denied as you do not have sufficient privileges.You have to invoke this utility running in elevated mode.”
    Itu gmn ya…?krn HDD sy masi blum bs kebaca jg

  16. salam kenal gan. saya punya hdd kalau dibios terdeteksi tapi tidak bisa terbaca sudah dites kekomputer lain hasilnya tetap sama, mohon pencerahannya tanks

  17. mau tanya pakx laptopku tiba” error gk bisa terbuka dan pas di instal hardisknya gk terbaca di menu partisi jd gk bisa lanjut di isntal krn trkendala dgn hardisk, solusinya gmna yah pak, apa ada yg perlu di ganti

  18. Malam gan….bisa minta no hpnya….harddisk pc saya data ga bisa buka…sdh saya bawa ke tukang service dia ngk bisa kerjakan….skrg hard disknya dilepas terus diganti dgn hard disk baru…padahal saya sangat butuh data/ file yg dihard disk lama….intinya saya mau minta tolong agar data/ file dihard disk lama bisa dibuka….saya minta tolong gan….data/file tersebut sangat penting banget karena semua data pekerjaanku ada dihard disk lama….tolong ya gan….ini no telp saya 0812 7703 6576 dgn pak Bintang domisili saya dibatam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
CARA OPTIMALKAN ROBOTS.TXT SEO FRIENDLY WORDPRESS
CARA OPTIMALKAN ROBOTS.TXT SEO FRIENDLY WORDPRESS

Cara Optimalkan Robot.txt SEO Friendly WordPress-Jika Anda ingin mengoptimalkan SEO...

Close