Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7

Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7-Memiliki komputer yang lambat tentu akan menjengkelkan bagi pengguna komputer, apa lagi jika kita ingin mengerjakan tugas/pekerjaan yang membutuhkan waktu singkat akan membuat pekerjaan semakin menumpuk dengan kondisi komputer kinerja lambat.

Ada beberap hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengatasi masalah performa komputer yang menurun agar menjadi lebih stabil. Masalah komputer lambat dapat diatasi dengan cara yang ingin saya sampaikan di postingan ini.

Untuk pengguna windows 10 baca juga Cara Jitu Mempercepat Kinerja Windows 10

Postingan ini menjelaskan bagaimana cara perawatan agar kinerja komputer makin lebih cepat, kecepatan merupakan hal yang terpenting untuk memuluskan sebeuah pekerjaan yang dimana jika komputer mengalami kinerja lambat banyak orang yang memutuskan untuk mengerjakan tugas mereka di warnet ketimbang di komputer sendiri yang memiliki kinerja lambat.

1. Mematika aplikasi yang tidak perlu saat proses startup

Proses startup adalah proses saat Anda masuk pada Sistem Operasi Windows. Jika saat proses banyak aplikasi yang dijalankan maka kinerja komputer akan semakin lambat dan hal ini tidak dianjurkan karna kinerja sistem yang terbebani untuk menjalankan aplikasi seara bersamaan.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Klik Tombol Start => Run => Lalu Ketikkan MSCONFIG => ENTER

Mematika aplikasi yang tidak perlu saat proses startup

Pada System Configuration pilih Tab Setup lalu hilangkan tanda centang yang menurut Anda tidak perlu, lalu jika sudah yakin klik Apply. Biasanya komputer akan meminta restar untuk megaplikasikan setting yang sudah Anda atur.

2. Uninstall Aplikasi yang tidak digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal pada komputer akan mempengaruhi kinerja komputer menjadi lebih lambat. apa lagi jika spsifikasi komputer yang Anda gunakan tidak sesuai dengan aplikasi yang anda instal. Seperti halnya komputer yang Anda gunakan berprocessor pentium IV, dan Anda menginstal aplikasi seperti photoshop cs6 maka sudah dipastikan kinerja komputer akan menjadi lebih lambat.

Untuk menginstal aplikasi pada komputer sebaiknya sesuaikan dengan specifikasi komputer yang Anda gunakan, jika komputer yang digunakan spesifikasinya kecil makan sebaiknya jangan terlalu banyak instal aplikasi, silahkan unistall aplikasi yang sekiranya tidak perlu dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Mempercepat Shutdown Windows 7

  • Klik tombol start lalu klik Control Panel
  • Pada bagian Programs klik Uninstall a program
  • Aplikasi yang sudah kalian instal sebelumya akan muncul, silahkan pilih aplikasi mana yang ingin Anda uninstall

Uninstall Aplikasi yang tidak digunakan

3. Matikan Visual Effects pada Windows.

Tampilan visual yang ada pada kompute memang terihat lebih menarik dan memanjakan mata, namun taukan Anda jika tampilan visual efek mempengaruhi kinerja komputer dan jika terlalu banyak mengaktifkan banyak efek pada komputer akan mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk menonaktifkan visual efect pada windows cukuplah mudah, berikut adalah langak-langkahnya:

  • Klik Tombol Start
  • Klik Kanan My Computer
  • Pilih Properties
  • Pilih Tab Advanced
  • Klik Setting pada bagian Performance
  • Maka akan keluar kotak dialog Performance Options
  • Pada tab Visual Effects pilih opsi Adjust for best performance
  • Apply.

4. Lakukan Disk Clean Up

Disk Clean Up adalah aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak digunakan lagi.

  • Klik menu Start
  • Program
  • Accesories
  • System Tool
  • Disk Cleanup

Setelah Anda klik Disk Cleanup, maka akan muncul kotak dialog Select Drive, silahkan pilih drive yang akan Anda lakukan Clean Up kemudian tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog Disk Cleanup for (Drive yang Anda pilih tadi) kemudian centang semua pilihan pada kotak file to delete kemudia tekan OK dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.

5. Lakukan Disk Defragment

Klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter

Saat menjalankan fungsi ini sebaiknya tutup semua aplikasi, agar proses penataan dapat berjalan secara optimal. Untuk melakukan Disk Defragment, silahkan pilihDrive yang akan dilakukan penataan filenya kemudian pilih Defragment.

Selain dengan cara diatas Anda juga dapat menggunakan aplikasi Disk Defragment seperti Auslogics Disk Defrag.

6. Gunakan Aplikasi tambahan

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercepat kinerja komputer, diantaranya:

7. Scan komputer menggunakan Antivirus.

Anti virus adalah Software (Perangkat lunak) yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer. Baca Juga: Mudahnya Mengetahui Memori Yang Di Gunakan Aplikasi Komputer

Antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware – malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Komputer | Cara Booting Dengan Cepat

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
10 Desain Photoshop Terbaik

10 Desain Photoshop Terbaik-Di jaman sekarang ini, perkembangan teknologi semakin...

Close