Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10-Ada kalanya kita membutuhkan ruang untuk media penyimpanan seperti memisahkan dokumen penting dan berbagai faile lainnya misal foto, video, musik dan lain sebagainya. Baca Juga: Cara Mencari Driver Komputer dengan mudah

Tentu tanpa perlu membuat ruang khusus pun kita dapat menata dengan membuat folder agar terlihat lebih rapih, namun terkadang jika jenis file yang terdapat pada komputer cukup banyak makan akan menyulitkan dalam mencari file yang dibutuhkan atau memakan waktu.

Artikel Menarik Lainnya: Cara Mengganti Huruf Pada Partisi Harddisk Komputer Windows 10

Oleh karna itu ada kalanya kita membagi partisi pada komputer menjadi beberapa bagian semisal pada partisi komputer terdapat 2 partisi yaitu C dan D, masing masing udah kita atur untuk partisi C dijadikan tempat instal aplikasi dan partisi D dijadikan tempat penyimpanan dokumen penting.

Lalu bagaimana jika pada komputer tidak memiliki partisi atau ingin menambah partisi?tenang dipostingan ini saya  ingin memberikan tips mudah membuat partisi baru pada koputer,bila pada artikel terdahulunya saya juga pernah membahas Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 7 kali ini saya ingin memberikan tips cara membuat partisi baru untuk pengguna windows 10. Berikut adalah langkah-lagkahnya:

  • Klik kanana pada ikon Start dan pilih Disk Management

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

  • Akan terbuka jendela baru Disk Management. Klik kanan pada partisi yang ingin Anda bagi menjadi 2, sepertipada contoh saya pilih partisi D dan kemudian klik kanan lalu pilih Shirk Volume.

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

  • Akan terbuka dialog Shirk. Pada tahap ini Anda dapat menentukan kapasitas partisi sesuai kebutuhan, silahkan tentkan kapasitas partisi sesuai yang diinginkan, lalu klik tombol Shirk.

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

  • Setelah proses Shrink selesai, Anda akan melihat partisi barus dengan status Unallocated atau free space. Drive yang baru Anda buat belumlah aktif, untuk mengaktifkannya silahkan klik kanan pada drive baru lalu pilih “New Simple Volume…”. pada tahap ini anda akan diminta ukurang yang akan Anda pakai (Pilih saja semuanya) begitu juga label dan format(NTFS) klik Next sampai selesai

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

  • Setelah semuanya selesai maka status Unallocated atau free space akan berubah menjadi Primary atau Healthy(Logical Drive).

Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

Oh iya gan, saya juga sudah menulis artikel yang sekiranya mungkin bermanfaat, silahkan kunjungi halaman Cara Cek Harddisk dan Memory / RAM, dengan mengecek kondisi RAM/Memory komputer, Anda akan melihat kualitas HDD/RAM pada komputer Anda masih bagus atau tidak.

Baca Juga:

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

21 thoughts on “Cara Membuat Partisi Baru DI Windows 10

  1. makasih banyak nih ilmu nya mas. langsung gue coba di windows 10 gue. it works. meski waktu shrink volume agak lama kalau sampai 400 GB an 😀
    thx bgt !!

  2. Gan, mau tanya…
    HDD saya 500gb, awalnya hanya ada disk C, saya sudah coba cara yg Agan share, sekarang ada disk C dan D dengan masing-masing 200an gb.
    nah, yg disk C mau saya shrink volume lagi, tp gbs, udah muncul “0” di available shrink volume.
    apakah ada cara lain?
    Disk C 233gb kebanyakan Gan..

  3. trimakasih gan. banyak2 sharing ya ilmu tentang perkomputeran dan perlaptopan :D. jadi kami yang cewe2 gak harus panggil sana sini. cukup klik. sangat membantu. terimakasih banyak. saya senangggg dan sangat terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Cara Mengganti Huruf Pada Partisi Harddisk Komputer Windows 10

Cara Mengganti Huruf Pada Partisi Harddisk Komputer Windows 10-Setelah akhirnya...

Close