7 Langkah Mempercepat loading WordPress

7 Langkah Mempercepat loading WordPress-Memiliki website dengan kecepatan bagus merupakan keinginan semua pemilik website maupun blogger, dengan memiliki kecepatan pada loading blog akan memberikan kenyamanan pada pengunjung.

Tujuan pengunjung datang ke blog kita adalah untuk mencari informasi, bisa Anda bayangkan jika Anda sebagai pengunjung yang sedang mencari informasi di internet dan mendapatkan situs website yang memiliki info dicari hanya saja loading pada situs tersebut lambat atau malah sangat lambat.

Tentu Anda akan merasa kesal dan risih bukan, bisa saja Anda pergi dan mencari situs lain. Begitu juga dengan pengunjung lain akan merasakan hal yang sama. WordPress merupakan platform blogger yang sangat popular dan sangat powerful baik untuk bisnis online, toko online atau hanya sekedar untuk blog pribadi.

Ada cara untuk meningkatkan kinerja wordpress lebih baik dalam kecepatan loading, untuk meningkatkan loading blog Anda bisa mengikuti tips yang ingin saya tulis pada artikel kali ini. Berikut adalah tips mempercepat loading wordpress.

#1. Gunakan Hosting Yang bagus

Cari hosting yang bagus untuk membangun website Anda, hal ini sangat berpengaruh pada situs Anda jika salah memilih hosting tentu akan mempengaruhi kecepatan loading blog Ada. Hal ini pernah saya alami pada beberapa waktu yang lalu ketika menyewa hosting kecepatan loading menurun ketika pengunjung saya mulai meningkat bahkan yang lebih para sering terkena suspanded oleh provider hosting.

Hosting yang saya sewa kali ini tetap saya menggunakan hosting lokal karena beberapa alasan yang diantaranya mungkin karena proses pembayaran hampir semuanya menggunakan metode Paypal atau kartu kredit. Sedangkan saya hanya memiliki kartu debit lokal saja.

Saya pribadi menyewa hosting di Niagahoster.co.id, sampai saat ini setelah saya beralih belum mengalami masalah dan server juga masih tetap stabil. Mudah-mudahan hal ini tetap berlanjut. Baca Juga: Baca Juga: 5 Daftar Web Hosting Terbaik di Indonesia

#2. Optimasi Homepage

Hal yang termudah untuk melakukan optimasi website adalah dengan cara mengoptimalkan tampilan pada hompage seperti menampilkan halaman hanya kutipan saja bukan seluruh artikel penuh (readmore), Biasanya jika Anda mengunduh themes dari pihak ketiga sudah dilengkapi dengan fitur readmore. Panduan Membuat Read More di WordPress

Selain membuat readmore pada halaman depan kita juga harus mengatur jumlah artikel pada situs, saya sendiri lebih suka menampilkan 6-10 halaman saja pada halaman depan situs. Silahkan sesuaikan sendiri.

Hal terpenting adalah menampilkan widget hanya yang penting saja dan yang tidak diperlukan sebaiknya dihapus karena akan menambah beban pada server blog. Apa lagi jika widget tersebut hanya sekedar pernak-pernik yang ujungnya hanya membuat tampilan blog Anda semakin terlihat norak. 😀

#3. Hapus Post Revisi

Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan revisi pada artikel, sebenarnya fitur ini sangat berguna ketika pada hal tertentu, misalnya ketika kita sedang menulis artikel terus mati lampu maka kita dapat mengembalikan data tersebut.

Namun jika terlalu banyak revisi yang tersimpan makan akan menambah beban pada dastabase situs Anda yang tentunya akan mempengaruhi kecepatan loading. Panduan lengkapnya silahkan kunjungi halaman Cara Menghapus Post Revision Dari Database

#4. Optimaze Image

Semakin banyak gambar yang di upload semakin memberatkan beban server, sebelum melakukan upload gambar sebaiknya lakukan kompres gambar terlebih dahulu untuk mengoptimalkan ukuran gambar. Selain itu ada plugin yang saya rekomendasikan untuk mengoptimalkan gambar yang saya sendiri gunakan 5 Plugins Terbaik Untuk Optimasi Gambar Di WordPress

#5.  Gunakan Plugin Cache

Selain mengoptimalkan gambar, kita juga harus memperhatikan Cache, Anda dapat menggunakan plugin WP Super Cache untuk menyimpan Cache website Anda.

#6. Gunakan Themse Yang Ringan

Sebuah website tidak lepas dari yang namanya themes, jika pada platform blogspot dikenal dengan template, pada wordpress kita dapat mencari dengan kata themes. Tentunya tema salah satu yang perlu diperhatikan. Semakin banyak fitur yang dipasang biasanya semakin memberatkan.

Meskipun Anda sudah menggunakan themes berbayar namun tidak ada jaminan themes tersebut memiliki kecepatan yang baik. Silahkan cari themes yang benar-benar bagus dan sudah SEO Friendly. Cek Themes WordPress

#7. Mengoptimalkan Database WordPress

Jika kita sudah pamiliar dengan cpanel kita tidak perlu menggunakan plugin untuk melakukan optimasi database wordpress. Hanya saja jika kita masih awam kita bisa menggunakan plugin untuk mempermudah mengoptimalkan database.

Plugin yang saya rekomendasikan adalah Plugin Wp Optimize. Plugin ini berfungsi untuk menghapus post revisi yang bisa membuat bengkak blog terutama yang sering update artikel dan edit artikel, selain itu plugin ini juga dapat menghapus komentar spam, komentar yang belum Anda approve dan mengoptimalkan table database.

Sekian untuk artikel kali ini tentang 7Langkah Mempercepat Loading WordPress, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Untuk panduan artikel lainnya silahkan kunjungi halaman Panduan Mempercepat Loading WordPress Dengan Gzip Compression

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Panduan Mempercepat Loading WordPress Dengan Gzip Compression

Panduan Mempercepat Loading WordPress Dengan Gzip Compression-Pada artikel sebelumnya saya...

Close