Hubungi KamiJika ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Cara Cek Harddisk dan Memory / RAM

Cara Cek Harddisk dan Memory / RAM-Pernah gak sob ketika komputer mengalami lambat/lemot dan langkah yang sering dilakukan adalah melakukan instal ulang  windows, hanya saja ketika berselang beberapa hari atau satu minggu komputer mengalami masalah yang sama yaitu mulai lambat kembali.

Pernahkah Anda berfikir apa yang salah dengan komputer atau laptop Anda? Mungkin cara yang mudah adalah melakukan pengecekan pada Harddisk maupun RAM apakah mengalami kerusakan atau memang kinerjanya sudah mulai melemah. Baca Juga: Cara Mengganti Huruf Pada Partisi Harddisk Komputer

Lalu bagaimana cara cek HDD maupun RAM? Tenang pada artikel kali ini saya ingin memberi panduan langkah mengecek kerusakan ram maupun harddisk pada komputer. Silahkan ikuti panduan dibawah ini:

Cek HDD dengan Sentinel

Sebelum Anda memulai pastikan terlebih dahulu memiliki aplikasi Sentinel versi DOC. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cek harddisk SATA.

  • Download Sentinel versi DOC disini atau disini
  • Selanjutnya lakukan burning kedalam CD/DVD
  • Lakukan setting Bios agar CD Bisa booting di urutan pertama
  • Maka HDD Sentinel akan langsung melakukan booting dan langsung cek Harddisk Anda

hdsdos1005

hdsdos

Health :Jika angkanya dibawah 100% maka HDD Anda sudah mengalami masalah (mau rusak), hal ini menyebabkan kurang stabilnya kinerja windows dan akan mengalami lemot.
Perf : adalah kondisi file simpanan di harddisk tersebut, jadi bukan kondisi fisiknya.
Power On : menunjukkan berapa lama harddisk itu sudah digunakan.
Temp : menunjukkan suhu harddisk.


Keterangan Indikator warna :
Hijau : kondisi bagus.
Kuning : kondisi waspada / kurang bagus.
Merah : kondisi rusak.

Cek Kerusakan RAM / Memory Komputer

  • Download Aplikasinya disini atau disini
  • Extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO ataupun aplikasi burning cd lainnya.
  • Jalankan Program MEMTEST ini dengan memakainya sebagai booting awal, karena CD ini bootable. Jadi atur BIOSnya agar CD-Room booting pertama kali.
  • Program cek RAM ini akan langsung berjalan otomatis melakukan cek terhadap RAM anda.
  • Ada 8 test yg akan dijalani oleh RAM anda, anda tinggal menunggu sampai selesai.
  • Jika RAM bagus maka tidak akan keluar hasil apa-apa di kolom hasil. Berarti menunjukkan bahwa tidak ada bagian RAM yg rusak / cacat. 
  • Jika RAM rusak maka akan keluar hasil dengan warna tulisan merah seperti gambar dibawah ini. Berarti RAM perlu diganti. Kalau nggak diganti bisa menyebabkan bluescreen ataupun restart sendiri.

memtestFail

Jika Harddis Anda mengalami kerusakan, saya juga pernah berbagi artikel bagaimana cara mengatasi HDD yang Bad Sector, silahkan kunjungi halaman Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Selain itu, saya juga pernah berbagi artikel mengenai Harddisk, sekiranya untuk jaga jaga bila mana kedepannya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, silahkan baca artikel Cara Mengembalikan File Yang Ke Format/Hapus

Bagaimana apakah artikel ini membantu? Jangan lupa share artikel ini kepada teman Anda untuk berbagi pengalaman tentang ini. Sekian untuk artikel kali ini tentang Cara Cek Harddisk dan Memory / RAM, semoga dapat bermanfaat. Baca Juga: Cara Mudah Cek Kecepatan USB Flashdisk

Source: http://www.tadungkung.com/

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *