Panduan lengkap Buat Blog WordPress Lebih profesional

Panduan lengkap Buat Blog WordPress Lebih profesional-Membuat blog sebenarnya cukup mudah, karena pada dasarnya membuat blog hampir sama dengan membuat akun seperti social media facebook, twitter dll. Malah menurut saya membuat blog lebih mudah dibanding dengan membuat akun social media karena hanya beberapa langkah saja.

Saya nge-blog sudah hampir 4 tahun, itupun saya belajar sendiri melalui internet tanpa ada panduan khusus atau seseorang mengajarkan saya atau lebih tepatnya mungkin saya otodidak. Seperti biasa seorang pemula pastinya akan mengalami kendala ketika memulai seperti bingung setelah memiliki akun, apa yang harus di kerjakan, bagaimana supaya banyak pengunjung, topik apa yang ingin saya bahas dll.

lalu apa keuntungan yang kita dapat dari blogger? Menurut saya menjadi seorang blogger banyak keuntungannya seperti saya yang tadinya tidak suka menulis jadi sering menulis meskipun sampai saat ini tulisan saya masih belum bisa dikatakan layak, banyak pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah terfikir, tentunya saya dapat menghasilkan uang dari nge-blog meskipun sampai saat ini masih belum mencukupi kebutuhan.

Mari kita mulai cara membuat blog keren dan profesional menggunakan platform wordpres. Untuk Anda yang masih awam tentang blog dan baru belajar blog, saya rekomendasikan untuk memulai menggunakan platform yang gratis terlebih dahulu sebagai alat belajar, silahkan baca artikel Panaduan lengkap Membuat blog dan Optimasi SEO

Memulai Membuat blog Sendiri

#1. Beli Domain dan hosting

Untuk membuat blog platform wordpress kali ini saya membuat melalui wordpress.org, oleh karena ini Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu nama domain dan hosting, Anda dapat menyewa hosting baik itu di situs penyedia hosting Indonesia maupun Luar Negri, sedangkan untuk situs Indonesia sendiri saya rekomendasikan di Niagahoster.co.id atau IDWebhost. Jika ingin menggunakan nama hosting lain dapat mengunjungi halaman daftar situs web hosting terbaik Indonesia

#2. Install Wodrpess dan themes

panduan lengkap Buat Blog WordPress Lebih profesionalSudah membeli domain dan hosting? Langkah selanjutnya tinggal menginstal Wordpres di cPanel, Untuk dapat menginstall wordpress di cPanel silahkan login ke halaman cPanel dengan nama dan password yang diberikan oleh pihak penyedia tempat Anda menyewa hosting. Untuk panduan install wordpress silahkan lihat di instal wordpres di cPanel

Selanjutnya Anda tinggal menginstal themes wordpress, Anda dapat mencari themes yang sesuai kebutuhan, baik itu yang free maupun yang berbayar, Anda juga dapat melihat koleksi themes wordpress free dan pro kami. untuk panduan cara instal themes bisa lihat pada artikel Cara Mudah Ganti Themes WordPress

#3. Instal plugin Pendukung

salah satu alasan saya kenapa saya menyukai platform wordpress adalah banyaknya fitur pendukung seperti mengoptimalkan SEO, pernak pernik dll hanya dengan download dan instal plugin saja, lain halnya dengan blogger kita harus mengedit script.

Ada banyak plugin yang bisa kita pasang, hanya saja terlalu banyak plugin akan mempengaruhi performa pada kecepatan loading blog dan membengkaknya database hosting itu sendiri. maka dari itu bijaklah dalam memasang plugin. Berikut rekomendasi plugin yang bisa Anda pasang pada blog Anda:

Plugin akismet berfungsi untuk memfilter komentar dan memisahkan antara komentar yang diidikasi sebagai spam dan komentar biasa. Komentar yang diindikasi sebagai spam akan dikelompokan sendiri atau bisa juga langsung di auto-delete sesuai settingnya

Jika Anda ingin memberikan ruang pada pengunjung untuk berkomunikasi langsung dengan Anda secara privat, maka plugin ini dapat Anda gunakan sebagai form pesan yang nantinya dikirim langsung ke alamat email Anda.

Plugin ini berguna untuk mengoptimalkan blog wordpress Anda, dengan menggunakan plugin ini kecepatan atau loading blog akan semakin optimal, maka dari itu plugin ini sangat di rekomendasikan.

SEO Friendly Images berfungsi untuk membuat ALT TEXT dan TITLE TEXT secara otomatis pada sebuah gambar, jadi anda hanya tinggal menginstall plugin SEO Friendly Images ini, maka yang akan terjadi adalah semua gambar pada halaman situs anda akan mempunyai alt dan title yang sama dengan judul posting.

Ini adalah plugin yang wajib Anda pasang, plugin ini juga di gunakan pada blog giribig.com dan blog saya yang lainnya. Plugin ini sudah terbukti mampu meningkatkan SEO, kita dapat memberikan Title Blog, deskripsi, dll.

Setiap artikel yang memberikan gambar tentu akan memberikan daya tarik tersendiri, apa lagi bagi pemilik situs tutorial, dengan adanya gambar makan akan mempermudah dalam pemahaman pada topik yang sedang dibaca. Hanya saja terlalu banyak gambar yang di upload akan mempengaruhi kecepatan pada loading blog, nah dengan plugin ini makan kita dapat dengan mudah mengoptimalkan gambar secara keseluruhan tanpa harus mengedit satu per satu.

Sama dengan plugin Wp Super Cache, plugin ini juga merupakan plugin yang tidak boleh di lewatkan, dengan plugin ini kita dapat mengoptimalkan database, menghapus post revisi, komentar spam dll hanya dengan satu klik.

Plugin diatas merupakan plugin untuk optimasi blog agar lebih seo dan optimasi ukuran gambar agar database tidak membengkak. Oke sekiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini tentang panduan lengkap Buat Blog WordPress Lebih profesional, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca Juga Cara Membuat toko online dengan mudah | CARA DAN KUMPULAN KERAJINAN UNIK DAN KEREN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
5 Aplikasi Chatting Terbaik For Android

5 Aplikasi Chatting Terbaik For Android-Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi...

Close